Penghasilan Pertama

Pendapatan pertama yang saya hasilkan adalah ketika saya masih berstatus sebagai siswi di salah satu SMK Negeri di Sidoarjo. Seperti SMK pada umumnya, ketika itu saya baru selesai menjalani magang, setelah 4 bulan magang saya menunggu masa untuk ujian akhir. Ketika itu ada tawaran bekerja freelance dari seorang senior untuk mengisi pelatihan tentang internet di sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Kebetulan tenaga yang dibutuhkan tidak menuntut pengalaman yang lama untuk menjadi instruktur. Saya memberanikan diri untuk mengajukan diri saya menjadi tenaga yang dibutuhkan.

Akhirnya saya menjadi tenaga freelance selama kurang lebih 4 bulan dengan gaji tiap bulannya Rp. 450.000,-. Ketika itu saya sangat bersyukur bisa mendapatkan penghasilkan sendiri, apalagi sebagai tenaga freelance saya tidak harus bekerja setiap hari, hanya jika ada pelatihan saja, itu pun hanya 2-4 jam sehari. Karena ketika itu saya masih berstatus sebagai siswa SMK (walaupun 1 bulan terakhir bekerja saya sudah lulus sekolah), saya tidak merasa harus menjadikan pendapatan pertama saya itu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Saya memang memakainya untuk keperluan saya, namun bukan merupakan kebutuhan primer untuk hidup saya.

Itu merupakan pengalaman saya ketika mendapatkan pendapatan pertama saya. Mengajarkan saya bahwa untuk memperoleh penghasilah kita harus berbuat sesuatu, bahkan kita bisa memilih apa yang kita suka untuk dilakukan, tinggal bagaimana kita bisa membawa diri kita pada kesempatan-kesempatan yang bisa mendatangkan penghasilan. Saat ini saya bekerja di sebuah perusaahaan swasta di Surabaya yang bergerak di bidang telekomunikasi juga. Bukan divisi yang sesuai dengan bidang yang saya inginkan, tapi saat ini saya merasa nyaman dengan pekerjaan saya dan saya rasa itu yang penting. Dimana saja dan apa saja pekerjaan kita, asalkan itu benar dan membawa kenyamanan untuk diri kita, pekerjaan itu layak untuk dijalani.

Bidang yang saya sukai :
– Teknologi Komputer
Saya menyukai banyak hal yang berhubungan dengan dunia komputerisasi. Termasuk semua perkembangan teknologi. Walaupun mungkin saya bukan orang yang selalu up to date tentang perkembangan gadget dan teknologi baru, tapi saya selalu tertarik untuk mengenal dunia yang satu ini. Apa pun yang berhubungan dengan hal tersebut menarik, mungkin karena bidang yang satu ini yang berperan cukup besar membawa kita ke kehidupan modern baru-baru ini. Keunggulan dari bidang ini menurut saya adalah banyak dari pekerjaan yang ada sekarang selalu berkaitan dengan bidang ini, mulai dari penggunaan gadget dan pengembangan software. Sehingga menjadikan bidang ini akan banyak diminati. Bidang ini berkembang setiap saat, jadi apa pun usaha yang dijalankan di bidang ini perlu di-update sesering mungkin. Dalam jangka waktu 1 atau 2 bulan mendatang akan banyak hal yang baru dalam bidang ini. Mungkin akan ada gadget baru yang banyak diminati atau penggunaan aplikasi-aplikasi baru yang popular.
– Bidang Traveling
Untuk bidang yang satu ini saya tidak memiliki banyak referensi. Karena bepergian sebagian mebesar masih menjadi cita-cita saya. Menurut saya menyenangkan jika bisa pergi ke beberapa tempat hanya untuk melihat dan menikmati tempat yang kita kunjungi. Akan lebih special jika sebelumnya tidak pernah megunjungi tempat tersebut. Keunggulan bidang tersebut menurut saya adalah kepuasan hati yang didapat jika bisa melakukan sebuah perjalanan. Lagipula mengunjungi tempat baru berarti akan ada wawasan baru yang kita peroleh dari tempat tersebut. Saya harap saya bisa pergi ke suatu tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya dalam waktu dekat ini.
– Bidang Kuliner
Untuk bidang yang satu ini mungkin lebih di karenakan hobi saya yang memang suka mencari jajanan. Saya tidak begitu pandai memasak. Tapi saya sangat bersemangat ketika bepergian dan mencoba banyak kuliner yang unik. Keunggulannya seharusnya menjadikan saya pandai menciptakan kreasi makanan, tapi sayang kemampuan dan minat saya mengolah bahan makanan masih sangat minim. Tapi suatu saat saya akan belajar untuk mengolah bahan makanan dan semoga bisa menghasilkan sesuatu. Untuk usaha di bidang ini saya rasa sampai kapan pun akan teta di minati, karena setiap orang punya selera dalam bidang kuliner, bukan?

Rancangan Bisnis

Jika harus mendirikan sebuah usaha, saya ingin mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang teknologi. Entah itu dalam penjualan gadget, atau jika usaha ini harus tanpa modal, saya bisa memulai membuka jasa untuk mereparasi PC. Untuk media pemasaran saya bisa mempromosikan jasa yang saya tawarkan melalui facebook, twitter atau google+. Menyediakan jasa tidak membutuhkan modal banyak, hanya erlu berbekal pengetahuan dan beberapa alat sederhana. Tapi semua usaha harus dimulai dari keinginan dan kesungguhan yang besar, modal yang besar tidak menjamin sebuah usaha akan sukses jika tidak disertai kemauan untuk berkembang. Target yang ingin saya capai jika mendirikan usaha tersebut paling tidak saya memiliki gerai sendiri d rumah saya. Walaupun suka bekerja saya lebih suka jika saya bisa melakukan semua pekerjaan saya di rumah. Itu perencanaan saya jika harus mendirikan sebuah usaha.